Senin, 28 Januari 2019

7 Peluang Bisnis Terbaik dan Populer untuk Mahasiswa

Peluang Bisnis Mahasiswa

Banyak mahasiswa yang ingin menjalankan bisnis pribadi karena latar belakang ekonomi yang kurang, ingin mencoba hidup mandiri, atau mau praktekin sendiri usaha-usaha dijaman kuliahan pra-kesuksesan.

Take action seperti ini sangat bagus kepada muda-mudi yang sedang menjelang sukses. Karena jika Anda punya niat ingin membuat usaha sendiri sudah menjadi satu kriteria bahwa Anda akan sukses dihari depan.

Di tulisan saya kali ini, saya ingin berbagi informasi mengenai usaha sampingan dengan modal kecil yang cocok untuk mahasiswa. Untuk efisiensi waktu mari kita baca pointnya langsung!

1. Usaha M-Kios Berjalan

Dengan meningkatnya penggunaan gadget dan laptop di kalangan Perkuliahan yang menggunakan data dan pulsa untuk mengakses komunikasi, maka menjadi sebuah peluang usaha yang berpotensi besar membuka usaha dibidang M-Kios Berjalan.

M-Kios berjalan berarti menjual kartu GSM/Perdana, Kartu Khusus Modem/Paket Internet, Pulsa, serta Berjualan Paket Internet. Dikatakan M-Kios berjalan karena kita akan membawa barang-barang tersebut kesekolah atau ditempat yang cukup ramai dengan penggunaan alat-alat komunikasi.

Untuk menganggaet pelanggan Anda harus melakukan promosi keteman kampus Anda dan meminta agar mereferensikan usaha Anda kepada teman-teman mereka.

2. Bisnis Online

Hanya bermodalkan Smartphone atau Laptop, paket internet, kita sudah dapat mengikuti bisnis online dengan mencoba usaha-usaha yang tidak membutuhkan modal besar.

Usaha-usaha bisnis online:
  • Affiliate dan dropship
  • Pulbisher Google Adsense untuk usaha Youtube atau Blog
  • Bisnis lapak space iklan diblog
Catatan: perlu diketahui usaha bisnis online memerlukan ketekunan, kerja keras, dan kesabaran sebelum waktu panen.

3. Membuka Les Private

Sebagai mahasiswa yang tingkat sekolahnya lebih tinggi, jadi sangat wajar jika kita membuka les mata pelajaran untuk pelajar setingkat SMA, SMP, atau SD.

Ilmu yang sudah Anda dapatkan sewaktu sekola menengah tersebut dapat Anda manfaatkan untuk berbagi ilmu dengan mengajarkannya kepada pelajar. Sudah banyak yang mencobanya, dan mereka mendapat pengalaman yang baik.

4. Buka Usaha Pengetikan dan Print

Dalam dunia edukasi yang semakin melibatkan alat-alat teknologi menjadi salah satu sumbangsi usaha bagi Anda.

Usaha pengetikan adalah kerja dengan mengetik tugas, berkas, surat lamaran, dokumen, usangan dll dan kemudian mencetak (print). Usaha ini cukup besar keuntungannya serta potensi bisnisnya masih terbuka lebar.

5. Menjalankan Usaha Sesuai Jurusan Kuliah

Usaha Sesuai Jurusan Kuliah

Menjadi mahasiswa tentu sudah cukup mumpumi untuk mempraktekkan apa yang dipelajari. Misalnya jurusan Anda adalah Elektro, Anda bisa menjadi seorang jasa service elektronik seperti TV, receiver, DVD, telepon seluler serta perbaikan-perbaikan lainnya.

Jika Anda kuliah di jurusan IT (Informasi Teknologi), Anda bakalan orang hebat karena sangat banyak lapangan pekerjaan terbuka. Bagaimana jika dimulai dari sekarang? Peluang usaha berlatar belakang pendidikan IT adalah, digital programming, digital marketing, jasa instalasi komputer, dan masih banyak lagi.

Semakin berkembangnya perindustrian digital, semakin banyak pula berbagai penunjang yang bisa dijadikan bahan dan cara untuk bisnis. Dan ingat potensi bisnis dan marketing online masih sangat terbuka lebar untuk siapapun yang mau dan bisa.

Mengenai mahasiswa, banyak mahasiswa yang kesulitan mencari pekerjaan untuk mengisi waktu kosong di sela-sela waktu kuliah, terutama bagi mereka yang ekonominya terbatas. Nah, dengan potensi yang ada didalam internet mengapa tidak kita manfaatkan? "ingat, yang penting halal", iya kan?

Ke-2 peluang bisnis yang akan saya bagikan ini merupakan pekerjaan yang mudah, tanpa membutuhkan banyak modal investasi hanya modal alat doang, bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja yang kamu mau, tapi jangan pas lagi kuliah ya... Entar di jitak sama dosen! Hahaha

Jika anda ingin lebih cepat tahu 2 bisnis ini, mari bahas secara lengkap 2 peluang bisnis online yang tentunya potensi dan nilainya tinggi.

6. Mengelola Blog (Blogging)

Blogging merupakan kegiatan posting artikel ke blog untuk berbagi informasi, pengalaman, atau lainnya dimana blog yang kita isi artikel akan dikunjungi oleh pengguna internet.

Membuat blog sebagai ladang penghasilan disebut monetisasi, dan blog yang bisa dimonetisasi harus memiliki banyak pengunjung, kalau tidak potensi bisnis dalam blogging tidak akan berjalan, maka perlu usaha dan keuletan.

Blogging merupakan kegiatan yang menyenangkan, dengan blog kita bisa berinteraksi dengan sesama blog, pengunjung, kita akan mendapat pengalaman yang menyenangkan. Dengan blog kita akan semakin kreatif.

Google Adsense - monetasi dengan adsense merupakan metode bisnis dengan memasang iklan google di blog kita. Adsense merupakan PPC (Pay Per Clik) dengan bayaran termahal untuk setiap klik iklannya.

Tetapi sangat sulit untuk diterima digoogle adsense, kita harus serius, jujur, ulet, agar bisa dipercayai google sebagai mitra kerjanya.

Jika anda tidak diterima google adsense, masih banyak lagi kok PPC luar dan dalam negeri yang membayar mahal.

7. Menjadi Reseller dan Affiliate Marketing

Affiliate Marketing

Reseller merupakan bisnis online yang menjual kembali produk orang / toko, kita akan mendapat komisi setiap ada yang membeli produk tersebut, anda pernah mendengar kata sales? Begitulah dengan reseller. Reseller juga sering disebut sebagai dropship dan ada juga yang disebut affiliate, mirip dengan reseller, tetapi dengan affiliate marketing kita tinggal ambil script kode produk untuk kita promosikan lewat blog.

Toko online di Indonesia yang menyediakan program affiliate yaitu, lazada.co.id, blibli.com, tokopedia.com, dan masih banyak lagi. Untuk luar negeri yang paling baik dan omset tinggi yaitu amazon.com dan alibaba.com.

Banyak pelajar dan mahasiswa yang mengikuti program ini, dan bukan hanya mahasiswa setiap orang juga bisa.

Kesimpulan

Kedua bisnis diatas membutuhkan kerja keras, meski dikatakan mudah. Memang cara kerjanya mudah, tetapi kita harus telaten dan konsisten melakukan bisnis ini karena konsistensilah yang paling penting.

Demikianlah artikel tentang 7 Peluang Usaha Bisnis Terbaik dan Populer Untuk Mahasiswa, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang berencana untuk memulai berbisnis.